cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2014): Juni" : 5 Documents clear
PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MULANA MALIK IBRAHIM MALANG Zuraidah, Khairul Mujahidi,
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 2 (2014): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.185 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i2.775

Abstract

Sumber belajar saat ini selain dari buku di perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses belajar. Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajmen, Akuntansi dan D3 Perbankan Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah. Dengan menggunakan desain penelitian survey, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang jurusan Manajemen, Akuntansi dan D3 Perbankan yang meliputi mahasiswa angkatan  2011 dan 2012. Hasi penelitian ditemukan, masih banyak mahasiswa mencetak dan atau men-download hasil penelusuran itu untuk dibawa pulang. Informasi yang berupa artikel pada e-journal serta e-book tampaknya kurang begitu sering dicari karena sebagian responden membutuhkan dana tambahan untuk mengaksesnya. Namun demikian penguasaan teknologi internet masih menjadi hal yang sangat mempengaruhi pemaksimalannya dalam fungsi internet sebagai sumber informasi bagi para responden.
HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN KEWIRAUSAHAAN : SEBUAH KAJIAN EMPIRIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM Fauzan, Fauzan
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 2 (2014): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.639 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i2.779

Abstract

Agama dan pembangunan ekonomi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa agama memiliki dampak pada pembangunan ekonomi. Namun, sedikit penelitian yang mengkaji tentang bagaimana agama memberikan dampak pada keputusan individu. Karya ini mengkaji hubungan agama dan kewirausahaan. Berdasarkan kajian teoritis pada penelitian-penelitian sebelumnya, karya ini menemukan bahwa agama memiliki hubungan terhadap keputusan kewirausahaan. Secara khusus, agama Islam sangat kondusif untuk memerintahkan umatnya untuk berwirausaha. Dengan demikian, bukti-bukti empiris menunjukkan bahwa agama mempengaruhi perilaku ekonomi, dan memiliki hubungan dengan perilaku berwirausaha
ANALISIS PENGENDALIAN INTERN PIUTANG USAHA UNTUK MEMINIMALKAN PIUTANG TAK TERTAGIH (BAD DEBT) PADA PT.WAHANA OTTOMITRA MULTIARTHA, Tbk CABANG MADIUN Widiasmara, Anny
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 2 (2014): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.293 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i2.780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian intern piutang usaha untuk meminimalkan piutang tak tertagih (bad debt ) pada PT. Wahana  Ottomitra Multiartha, Tbk cabang Madiun .Perkembangan dunia usaha dan persaingan bisnis yang semakin kompetitif seiring pertumbuhan perekonomian dan teknologi yang semakin pesat dalam era globalisasi menuntut perusahaan bekerja lebih keras untuk meningkatkan kinerja, mengembangkan inovasi dan melakukan perluasan usaha agar dapat terus bertahan dan bersaing untuk mencapai tujuan yang dikehendaki perusahaan., salah satunya dengan melakukan penjualan secara kredit sehingga menimbulkan piutang terhadap konsumen. Piutang usaha suatu perusahaan pada mumnya merupakan bagian terbesar dari aset lancar. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian intern piutang usaha untuk meminimalkan piutang tak tertagih (bad debt). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan  kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis pengendalian intern piutang usaha dengan melakukan analisis terhadap rasio Receivable Turn Over,  Average Collection Period, Aging of Account Receivable. Hasil dalam penelitian ini Secara keseluruhan, prosedur pengendalian intern terhadap piutang usaha pada PT.WOM Finance,Tbk cabang Madiun berjalan cukup efektif total piutang tak tertagih tahun 2013 sebesar 3.58 % , piutang yang dapat ditagih selama periode 2013 sebesar 96.42 %. Hal ini menunjukkan bahwa dengan dilakukannya pengendalian intern terhadap piutang usaha, kualitas booking AR dan kualitas penagihan mengalami perbaikan terus menerus sehingga dapat meminimalkan piutang tak tertagihnya dan berhasil membukukan profit sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan.
STRATEGI ALIANSI DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI (STUDY PADA PERUSAHAAN FURNITURE DI KABUPATEN JEPARA) Apriyanti, Apriyanti
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 2 (2014): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.689 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i2.781

Abstract

The problem that is faced by furniture entrepreneur at Jepara is limitation of production capacity and limitation of design that have had. So produce can’t fulfi the buyer demand in at a certain time. This case can be anticipated by make an alliance strategy between several companies, where this solution is main alternative to face the problem. This strategy model was proposed by Michael Yoshino and Rosabeth Kanter where alliance strategy can be happen in various form, which in fact it is a base form marketing alliance that, enclose: product or sevice alliance, promotional alliance, logistic alliance and pricing collaborations. This examination intend to give alternative of formulation strategi that will be used by company in make alliance strategy.To reach the purpose in order to get exact strategy formulation is used by analisis tool that are SWOT Matric, BCG Matric, and QSP Matric. With first base by identifying external factor and internal factors. The result of alliance strategy analysis formulation at furniture company according analysis result of SWOT Matric, BCG Matric, and QSP Matric are recommended 4 strategy that is done by each company with step priority application as follow: I Strategic service alliance, II Strategic opportunity alliance, III Strategic pricing collaboration and IV Strategic promotional alliance.
ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA PT. PANIN BANK SYARIAH, TBK. KANTOR CABANG MALANG Firmansyah, Fani; Abdilah, Kotijah Fadilah
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 2 (2014): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.914 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i2.798

Abstract

Tujuan dari penelitian ini PT Panin Bank Syariah, Tbk. (PBS) perlu menetapkan strategi-strategi yang tepat agar kehadirannya dapat memperoleh respon positif dari masyarakat dan produk serta jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Penelitian ini akan dilakukan di PT. Panin Bank Syariah, Tbk. Kantor Cabang Malang yang terletak di Jl Mgr Sugiopranoto No 7 kota Malang Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil matriks SWOT dapat diambil beberapa strategi yang sesuai dengan keadaan PT Panin Bank Syariah, Tbk. Kantor Cabang Malang bedasarkan beberapa hal yaitu : Segmentasi, Targeting, Positioning, Marketing Mix. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: (a) Strategi pemasaran khususnya pemasaran produk pembiayaan yangditerapkan oleh PT. Panin Bank Syariah, Tbk. Kantor Cabang Malang meliputi beberapa strategi, yakni strategi jemput bola, referal, membangun jaringan, memberikan servise excellent, dan memberikan fasilitas yang memuaskan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah, sehingga nasabah yang ada tidak akan lari dari bank. (b) Hasil analisis SWOT menyebutkan bahwa PT. Panin Bank Syariah, Tbk. Kantor Cabang Malang sudah bisa bersaing di pasar persaingan yang kompetitif yang ada di wilayah Malang.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue